Monday, April 9, 2012

Pulau Lingayan

Pulau Lingayan 
Pulau Lingayan terletak di Kecamatan Dampal Utara Desa Ogotua. jarak dari Kota Tolitoli ke  Kec. Dampal utara (Desa Ogotua) sekitar 140 km atau 3 jam perjalanan. Untuk bisa kepulau ini kita dapat menaiki perahu motor dari desa ogotua dengan waktu tempuh 15 menit. Pulau ini juga merupakan salah satu pulau terluar yang ada di indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga malaysia. Pulau ini juga sempat diklaim oleh malaysia.
Sebagian besar masyarakat yang bermukin di Pulau Lingayan ini adalah suku bugis, bajo, mandar dan penduduk asli ogotua yaitu suku dampal. Masyarakat disini barmata pencarian sebagai nelayan, ada juga sebagian sebagai petani rumput laut dan peternak sapi & kambing. Nelayan dari pulau ini dikenal sebagai penghasil ikan terbanyak untuk memenuhi kebutuhan ikan di kec. Dampal Utara dan sekitarnya bahkan sampai keluar daerah Kabupaten Tolitoli.
Pulau Lingayann Juga memiliki keindahan bawah laut yang indah. Di Pulau Lingayan ini juga hidup habitat penyu sisik yang pada bulan - bulan tertentu naik ke pantai pulau lingayan untuk bertelur. 

Pulau Lingayan

1 comment: